Press Release

Tutup 2Q23, Bank Aladin Lanjutkan Pertumbuhan Kinerja yang semakin Solid

Tutup 2Q23, Bank Aladin Lanjutkan Pertumbuhan Kinerja yang semakin Solid

Press Release
Jakarta, 28 Juli 2023- PT Bank Aladin Syariah Tbk. (“Bank Aladin Syariah”) atau (“Bank”) menutup kuartal II tahun 2023 dengan kelanjutan pertumbuhan kinerja yang semakin solid. Bank Aladin Syariah terus melanjutkan tahapan pertumbuhan bisnis yang kuat dengan meningkatkan aktivitas penghimpunan dana pihak ketiga (“DPK”) dan
penyaluran pembiayaan.

Bank telah berhasil mengakuisisi lebih dari 2,8 juta nasabah yang telah teregistrasi. Hal ini mendorong pertumbuhan DPK Bank menjadi Rp.1,3 Triliun pada 2Q23, naik 64,6% dibandingkan dengan posisi Desember 2022 sebesar Rp.795 Miliar.

“Bank Aladin Syariah ingin tumbuh dengan sustainable, sehingga optimalisasi digital harus berkontribusi signifikan terhadap kinerja keuangan dan dalam membangun kolaborasi yang efektif dengan mitra-mitra strategis kami” ujar Dyota Marsudi selaku Presiden Direktur Bank Aladin Syariah.

Bank Aladin Syariah mampu menyalurkan pembiayaan outstanding lebih dari Rp.2.1 Triliun pada 2Q23, tumbuh 50,4% dari posisi Desember 2022 sebesar Rp.1,4 Triliun. Kenaikan ini berasal dari produk pembiayaan invoice financing, pembiayaan modal kerja dan pembiayaan investasi untuk nasabah UMKM & korporasi, serta pembiayaan multiguna untuk nasabah ritel. Pembiayaan tersebut berasal dari kolaborasi ekosistem Bank dengan Alfamart sehingga kualitas pembiayaan Bank terjaga sangat baik dengan rasio NPF di level 0,00%.

“Kami terus melakukan berbagai langkah yang inovatif melalui terobosan-terobosan dalam menyediakan produk dan layanan digital yang relevan dan beretika dengan mengedepankan prinsip-prinsip syariah. Komitmen kami terhadap prinsip syariah menjadi pijakan utama Bank Aladin Syariah serta mendorong inklusi keuangan
masyarakat Indonesia khususnya keuangan syariah di Indonesia”. lanjut Dyota.

Pada 2Q23 ini aset Bank Aladin Syariah tumbuh 9,1% sebesar Rp. 5,2 Triliun per Juni 2023 dibandingkan pada Desember 2022 sebesar Rp. 4,7 Triliun. Sedangkan pendapatan pengelolaan dana bank sebagai mudharib juga mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 504,7% dari Rp.23,3 Miliar per Juni 2022 menjadi Rp.140,92
Miliar per Juni 2023.

Di tahun ini, Bank telah meluncurkan QRIS dan Corporate Internet Banking untuk memperluas layanan perbankan ke segmen ritel dan segmen korporasi. Tidak hanya itu, pada kuartal ini Bank terus memperkuat kemitraannya dengan ekosistem Alfamart dengan melanjutkan peluncuran fitur Tarik Setor Tunai (“Tarsetun”) di gerai Alfamidi
yang mempunyai lebih dari 2000 gerai di seluruh Indonesia.

Kerjasama ini mencerminkan eksekusi lanjutan dari kerjasama dengan Alfamart grup dan dipercaya akan mempermudah serta mendekatkan masyarakat khususnya segmen underbanked dengan transaksi perbankan untuk kebutuhan sehari-hari.

Dengan dukungan dan kepercayaan yang diberikan kepada Bank Aladin Syariah, kami akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan dan produk yang memudahkan masyarakat Indonesia dalam bertransaksi sehari-hari. Kinerja yang solid ini memperkuat posisi Bank sebagai Bank Digital Syariah pertama di Indonesia. Bank terus memperkuat fondasi bisnisnya dengan mengedepankan prinsip keberlanjutan dan Good Corporate Governance.

—– Selesai —–

Kontak kami:

Corporate Secretary
PT Bank Aladin Syariah Tbk.
corsec@aladinbank.id

Profil singkat Bank Aladin Syariah:
PT Bank Aladin Syariah Tbk atau dikenal dengan Aladin adalah Bank Digital Syariah pertama di Indonesia yang
mengembangkan produk perbankan terpercaya, memberikan pengalaman perbankan yang lancar untuk
memperluas inklusi keuangan. Aladin mempermudah akses layanan perbankan syariah berbasis digital bagi seluruh
lapisan masyarakat, serta menjalin kerjasama dengan industri di berbagai sektor. Dilengkapi dengan teknologi
mutakhir, kami bertujuan untuk mengembangkan produk pendanaan, pembiayaan, dan layanan keuangan lainnya,
untuk memudahkan transfer dana, pembayaran, dan pembelian Anda. Aladin memperoleh berbagai penghargaan
sebagai The Best Financial Performance dari Tempo Financial Award (2021), The Most Promising Islamic Digital
Bank dari CNBC Indonesia Award (2021), 1st Rank Bank Umum Syariah KBMI 1 dan 1st Rank Mobile Banking Bank
Umum Syariah KBMI 1 dari Infobank (2022), ESG Award 2022 Disclosure rating commitment C dari Majalah
Investor. CSR Award 2022 dari IDX Channel sebagai Green Tourism, Marketers Editor Choice Award sebagai
Breakthrough Islamic Digital Bank of The Year (2022).

Berita Terkait Lainnya

Total Pendapatan Bank meningkat 111%, kinerja  Bank Aladin Syariah kian solid
Total Pendapatan Bank meningkat 111%, kinerja Bank Aladin Syariah kian solid
03 Agu 2024
Selengkapnya
Digital Banking Asia Summit 2024
Digital Banking Asia Summit 2024
17 Jul 2024
Selengkapnya
Kerjasama PT Taspen Persero dengan Bank Aladin Syariah Sebagai Mitra Layanan Perbankan
Kerjasama PT Taspen Persero dengan Bank Aladin Syariah Sebagai Mitra Layanan Perbankan
05 Jul 2024
Selengkapnya