Hati hati terhadap penipuan berkedok call center palsu yang mengatasnamakan Bank Aladin Syariah.
Pelaku memanfaatkan kelengahan nasabah dalam memeriksa kredibilitas website yang menyediakan informasi nomor call center.
Modus Penipuan:
- Mengaku dari Bank Aladin Syariah: Pelaku berpura-pura menjadi petugas resmi Bank Aladin Syariah yang bertujuan untuk mendapatkan akses rekening dan data pribadi nasabah.
- Nomor “Layanan Resmi” Palsu di Internet: Nasabah mencari nomor call center asli Bank di internet, namun yang ditemukan adalah nomor palsu yang diiklankan pelaku. Saat nasabah menelepon ke nomor palsu, pelaku berpura-pura menjadi petugas resmi dan berujung meminta data pribadi.
- Berpura-pura membantu: Pelaku memberi arahan kepada nasabah untuk melakukan hal-hal yang pada akhirnya memaksa nasabah untuk berbagi informasi rahasia, seperti, namun tidak terbatas pada hal berikut : menuliskan data verifikasi pada link yang mereka berikan dan berbagi screen.
Tips menghindari penipuan:
- Cari referensi di situs resmi: Jangan percaya begitu saja nomor call center yang ditemukan melalui media sosial atau iklan. Nasabah dapat mengakses www.aladinbank.id untuk menemukan nomor call center asli, yaitu nomor telepon +622185500947 atau email cs@aladinbank.id.
- Jangan berikan data pribadi: terutama nomor rekening, CVV, PIN, password atau kode OTP kepada pihak yang tidak dikenal. Jaga baik-baik data pribadi anda.
- Hati-hati terhadap akses tautan atau download aplikasi yang mencurigakan: Jangan asal klik tautan atau unduh aplikasi yang diminta oleh pihak tidak jelas asalnya, itu bisa jadi pintu awal penipuan maupun kebocoran data. Cek dulu faktanya!
- Jangan Panik, Jangan Buru-Buru: Waspadai adanya tekanan waktu! Petugas resmi tidak pernah memaksa nasabah untuk mengambil keputusan.
- Laporkan bila menemukan indikasi tersebut. Pada pihak berwenang atau Hubungi Call Center Bank Aladin Syariah (+622185500947) atau email ke cs@aladinbank.id.
Jadi, hati-hati dan selalu waspada, ya guys!




